Mengenal 5 Pameran Otomotif Terbesar di Dunia

Tak Berkategori

TEMPO.CO, JakartaPameran otomotif Gaikindo Indonesia Auto Show atau GIIAS 2023 sedang berlangsung. Perhelatan ini mengusung tema Future Now yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto pada Kamis, 10 Agustus 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Gelaran pameran akan berlangsung mulai tanggal 10 hingga 20 Agustus 2023 dengan menampilkan 25 merek kendaraan. 

Pameran otomotif merupakan acara yang sangat dinantikan oleh para pecinta mobil dan industri. Acaranya tidak hanya menghadirkan karya seni teknologi tinggi dalam bentuk kendaraan, tetapi juga menjadi tempat bagi produsen dan peneliti untuk memamerkan inovasi terbaru.  Berikut adalah 5 pameran otomotif terbesar di dunia yang menjadi panggung utama perkembangan industri otomotif:  

1. Tokyo Motor Show

Tokyo Motor Show dikenal sebagai salah satu pameran otomotif terkemuka di dunia. Digelar di Jepang, mulai 1954, acara dua tahunan ini tak pernah dibatalkan kecuali tahun 2021 ini karena situasi kesehatan masyarakat dunia yang sedang dilanda pandemi virus flu Covid-19. Pengunjung Tokyo Motor Show 2019 selama 12 hari penyelenggaraan, didatangi 1,3 juta unit. Angka ini naik 70 persen dari pengunjung tahun 2017 yakni sebanyak 771.200 orang. 

2. Geneva International Motor Show

Dikutip dari CarsCoops, pameran motorshow ini akan diadakan di pusat eksposisi Palexpo di Jenewa, Swiss. Geneva International Motor Show telah berjalan sejak tahun 1905 tetapi dibatalkan pada 2020, 2021, dan 2022 akibat pandemi COVID-19.

Penyelenggara Geneva International Motor Show akan gelar ajang otomotif terbesar ini pada tahun 2023 setelah tiga tahun absen. Pertunjukan akan berlangsung dari 14 Februari hingga 19 Februari 2023.

Geneva International Motor Show menampilkan kendaraan-kendaraan eksklusif, konsep mobil masa depan, dan teknologi revolusioner.

3. Frankfurt Motor Show 

Ajang otomotif Frankfurt dimulai pada tahun 1951 dan kemudian diselenggarakan setiap dua tahun sekali, bergantian dengan Paris Motor Show. Frankfurt Motor Show, menyajikan kombinasi antara mobil penumpang, teknologi hijau, dan inovasi otomotif terbaru.

Hampir 70 tahun sejak pameran pertamanya, karena berkurangnya jumlah pengunjung dan minat publik terhadap pameran Frankfurt, pameran motor Frankfurt resmi ditutup sejak tahun 2021. 

4. Paris Motor Show 

Mengutip laman france-voyage.com Paris Motor Show adalah pameran mobil internasional yang berlangsung setiap dua tahun di bulan Oktober. Lebih dari satu juta pengunjung hadir di Paris, di Taman Pameran di Porte de Versailles.

Paris Motor Show menampilkan merek dan kendaraan dari seluruh dunia. Mulai dari model dari city car hingga mobil top, mobil sporty, hingga kendaraan listrik.

Di acara tersebut, penggemar mobil dapat mengagumi kendaraan terbaru dan mengunjungi pameran otomotif bersejarah. 

5. Shanghai Auto Show

Mei lalu, gelaran Shanghai Auto Show baru saja berlangsung di Shanghai, China. Mengutip influencematters.asia Acara yang berlangsung selama sepuluh hari ini mampu menarik lebih dari 900.000 pengunjung domestik dan internasional. Jumlah peserta yang begitu besar bukan hanya karena pameran ini merupakan pameran pertama usai COVID-19, tetapi juga karena para penonton ingin menyaksikan secara langsung mobil-mobil terbaru China dan internasional serta teknologi yang ditujukan dalam pasar China.

Unjuk pertumbuhan industri otomotif China, Shanghai Auto Show adalah platform yang bagi produsen global dan domestik untuk memamerkan produk terbaru mereka di pasar Asia.

Pilihan Editor: Suzuki Bawa 3 Mobil Hybrid di Pameran GIIAS 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *