Ekonomi RI Tumbuh 5,17 Persen di Kuartal II-2023, Sri Mulyani: Keren Habis!

Tak Berkategori

Selasa, 8 Agustus 2023 – 13:27 WIB

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merespons capaian pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II-2023 sebesar 5,17 persen secara year on year (yoy). Menurutnya, capaian itu sangat baik sebab negara lain kini justru sedang mengalami pelemahan ekonomi.

Baca Juga :

Rupiah Anjlok Pagi Ini, Diperkirakan Menuju Rp 15.230 per Dolar AS

Bendahara negara ini mengatakan, berdasarkan proyeksi yang dikeluarkan oleh International Monetary Fund atau IMF, untuk negara maju G7 proyeksi pertumbuhan ekonomi sangat rendah.

Keren habis…! BPS mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia (yoy) kuartal II-2023 sebesar 5,17 persen. Tujuh kuartal berturut-turut ekonomi Indonesia tumbuh di atas 5 persen,” kata Sri Mulyani lewat Instagram pribadinya @smindrawati, Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga :

Ekonomi RI Kuartal II Tumbuh 5,17 Persen, BI Dorong ke 5,3 Persen untuk 2023

Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi).

Sri Mulyani menjelaskan, pertumbuhan ekonomi kuartal II-2023 ini disumbangkan oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh 5,23 persen. Hal itu dikarenakan keberhasilan Pemerintah dalam menurunkan inflasi dan menjaga daya beli masyarakat serta kepercayaan konsumen.

Baca Juga :

Dikebut, Bandara VVIP IKN Ditargetkan Beroperasi Agustus 2024

“Bantuan sosial tambahan membantu mereka yang tidak mampu. Kegiatan Idul Fitri dan THR Gaji ke-13 ikut mendorong kuat,” jelasnya.

Untuk investasi, terangnya, juga menguat 4,63 persen yang didukung oleh kebijakan struktural dan insentif pemerintah untuk mendorong Investasi.

Halaman Selanjutnya

“Belanja Pemerintah APBN yang melonjak tinggi (10,62 persen), mendorong kegiatan ekonomi. Ekspor tumbuh negatif 2,75 persen menggambarkan pelemahan ekonomi global, dan Impor minus 3,08 persen terpengaruh jumlah hari kerja,” ujarnya.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *