Benda Ini Lebih Mahal dari Berlian dan Emas, Pernah Diungkap Jokowi

Tak Berkategori

Rabu, 16 Agustus 2023 – 10:36 WIB

VIVA Tekno – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyebut californium sebagai komoditas yang paling mahal, melampaui emas dan berlian. Californium adalah unsur radioaktif sintetis yang tidak ditemukan di alam.

Baca Juga :

Bamsoet Pantun saat Buka Sidang Tahunan MPR: Walaupun Koalisi Masih Bisa Berubah, Jaga Persatuan

Ini adalah aktinida, salah satu dari 15 unsur logam radioaktif yang ada di tabel periodik. Logam murninya berwarna putih keperakan, mudah dibentuk dan sangat lunak, bahkan bisa diiris dengan silet.

Californium cukup reaktif secara kimiawi. Ini perlahan akan memudar di udara pada suhu kamar – potongan kecil atau lembaran logam mulai teroksidasi, tetapi secara perlahan.

Baca Juga :

Pidato Ketua MPR RI Bamsoet Singgung Pemilu 2024 Hingga Cawapres

Semua isotop californium bersifat radioaktif. Cf-251 adalah yang paling stabil dengan waktu paruh sekitar 800 tahun. Sementara isotop Cf-252 adalah emitor neutron yang sangat kuat, yang berarti memiliki sifat tidak biasa untuk melepaskan neutron ketika pecah.

Menurut laman Live Science, Rabu, 16 Agustus 2023, isotop yang berperilaku seperti ini sangat tidak biasa. Cf-252 digunakan di berbagai industri sebagai bahan untuk militer, detektor logam, dan sebagai cara untuk mendeteksi kelelahan dan tekanan logam di pesawat terbang.

Baca Juga :

Jakarta Government Build Strategy for Air Pollution Improvement

Ini ditemukan ilmuwan Amerika, Stanley Thompson, Kenneth Street, Albert Ghiorso dan Glenn Seaborg pada tahun 1950. Mereka pertama kali memproduksinya di laboratorium University of California, Berkeley.

Itu adalah unsur transuranium (di luar uranium) sintetik keenam dalam kelompok aktinida yang ditemukan. Penemuan itu terjadi ketika ahli kimia membombardir curium-242 dengan partikel alfa (atom helium tanpa elektron) dalam akselerator partikel siklotron 60 inci.

Halaman Selanjutnya

Source : Concept w



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *