Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Bahaya Tidur Terlalu Lama

TANGERANGNEWS.com- Tidur merupakan upaya tubuh mengistirahatkan diri dan menjadi peran vital dalam menjaga kesehatan setelah beraktivitas seharian.

Meski demikian, ada bahaya yang perlu disadari ketika kebiasaan tidur terlalu lama atau berlebihan menjadi bagian dari hidup.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan dari tidur terlalu lama seperti dilansir dari kanal YouTube HaloSehat, Senin, 26 Februari 2024.

1. Hypersomnia dan Ketidaksegaran

Tidur berlebihan dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai Hypersomnia. Orang yang mengalami ini seringkali merasa tidak segar setelah tidur, bahkan jika mereka tidur sepanjang hari.

2. Gejala Mental yang Mengkhawatirkan

Hypersomnia tidak hanya terbatas pada fisik. Gejala mental seperti kecemasan, gelisah, dan bahkan kehilangan nafsu makan dapat muncul, memberikan dampak negatif pada kesejahteraan psikologis.

3. Penyebab Underlying

Tidur berlebihan bisa menjadi indikator adanya masalah yang lebih dalam, seperti disfungsi sistem saraf otonom, penyalahgunaan narkoba, atau kondisi mental seperti depresi.

4. Dampak pada Kesehatan Fisik

Bahaya tidur berlebihan tidak hanya bersifat mental, tapi juga dapat berdampak fisik. Mulai dari kegelisahan, energi yang berkurang, sakit kepala, hingga masalah berat badan dan diabetes.

5. Hubungan dengan Penyakit Serius

Kondisi tidur berlebihan juga bisa terkait dengan masalah kesehatan serius, seperti masalah tiroid, penyakit jantung, sleep apnea, dan kondisi medis lainnya yang memerlukan perhatian khusus.

Untuk menghindari risiko tersebut, langkah-langkah sederhana dapat diambil, yakni mengatur jadwal tidur dengan konsisten, buat lingkungan tidur yang nyaman, hindari penggunaan elektronik sebelum tidur, dan terapkan gaya hidup sehat dengan olahraga teratur serta membatasi konsumsi kafein.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Antis dan SehatQ Kerja Sama Pengadaan Hand Sanitizer di 10 RS Wilayah Jabodetabek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *